Kamis, 30 April 2020

BELAJAR MENULIS SETIAP HARI


Disampaikan oleh Dr. Uswadin, Tim Pengembang Lab School UNJ



Mulailah menulis karena memulai itu adalah sesuatu yang baik dan tulisan terbaik adalah tulisan yang sudah selesai.






Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Tetap semangat dan selalu optimis dalam menjalani dinamika kehidupan. Hari ini Rabu tanggal 29 April 2020 memasuki hari ke-6 puasa Ramadhan bagi kita umat muslim di seluruh dunia. Entah berapa banyak doa yang telah kita panjatkan, entah berapa banyak kebaikan yang telah kita lakukan, dan entah berapa banyak harapan yang kita gantungkan, semoga semua yang dilakukan semata-mata hanya karena mengharap ridho Allah SWT sehingga kita semua mendapatkan pahala dan keberkahan-Nya, aamiin.

Saya mencoba untuk meresume materi yang telah disampaikan secara komprehensif oleh bapak Dr. Uswadin melalui tulisan ini tentang “Belajar Menulis Setiap Hari”. Saya sebagai new comer dalam dunia tulis menulis merasa sangat terbantu dan merasakan langsung manfaatnya ketika mendengarkan dan membaca penjabaran materi bapak Dr Uswadin. Beliau memberikan motivasi agar kita semua bisa menjadi penulis yang baik da nisi tulisan kita bermanfaat untuk orang banyak.
Materi ini membahas dan mengupas tuntas tentang bagaimana cara kita agar bisa menjadi seorang penulis yang baik. Materi yang disampaikan sangat menarik, Hal ini dapat dilihat dari banyaknya antusias peserta yang bertanya untuk menambah ilmu dan meningkatkan kualitas diri. Materi yang disampaikan setidaknya ada empat syarat penting dan mendasar yang harus dilakukan untuk dapat menulis dengan baik, di antaranya ialah

1.      Kita harus mampu mengatasi kemalasan di dalam diri kita.
Sering kali rasa malas datang dan menjadi penghalang di dalam proses membuat tulisan.
2.      Kita harus mengatasi ketidakpercayaan di dalam diri kita.
Saat menulis kadang kita sering takut salah dan terlihat bodoh karena isi tulisan yang kita sampaikan. Hal seperti itu tentunya akan menghambat kita dalam menulis, bahkan di dalam memulai sebuah tulisan. Kita seakan-akan takut salah menulis dan takut tulisan kita tidak memiliki isi dan makna.
3.      Kita harus menyiapkan waktu untuk menulis.
Menulis menjadi sebuah pekerjaan yang susah susah gampang. Tentunya untuk membuat tulisan yang baik kita harus menyediakan waktu terbaik pula. Waktu yang tepat akan menjadi momentum terbaik bagi kita untuk menuangkan ide dan gagasan.
4.      Memanfaatkan ide yang ada.
Sebuah ide atau gagasan kadang muncul tidak menentu baik tempat maupun waktunya. Bisa saja ide tersebut muncul pada pagi hari, pada siang hari, atau pada malam hari ketika kita hendak istirahat. Maka, saran pemateri adalah ide yang muncul secara tiba-tiba dan tidak menentu tersebut harus cepat ditangkap dengan cara menulisnya di sebuah buku atau handphone. Hal ini dilakukan agar ide tersebut tidak hilang begitu saja dan dapat dikembangkan ketika kita sudah memiliki waktu yang tepat untuk mengembangkannya menjadi sebuah tulisan.

Itulah keempat syarat penting yang harus kita lakukan agar kita dapat menjadi penulis yang baik. Menurut beliau menulis itu membutuhkan ide atau gagasan utama untuk menjadi dasar dan alasan mengapa kita menulis dan berani untuk menulis. Ide atau gagasan utama yang baik dapat mempengaruhi kualitas isi tulisan menjadi baik pula.

Sebagai kesimpulan, pemateri berpesan agar jangan pernah berhenti belajar menulis dan kita harus mampu memantaskan-mantaskan tulisan kita agar dapat diterima oleh banyak orang.
Wassalamu’alaikum Wr Wb


Peresume : Zaky Anshari

1 komentar:

Menerbitkan Buku Ajar Bersama Penerbit Andi

RESUME KEGIATAN BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10 oleh : Joko Irawan Mumpuni Assalamu’alaikum Wr Wb Alhamdulillah hari ini kita...