Sabtu, 02 Mei 2020

MENEMBUS PENERBIT NASIONAL


RESUME KEGIATAN BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10

Oleh : Amir Faisal



Memasuki hari ke tujuh Ramadhan, bertepatan dengan hari Kamis 30 April 2020 menjadi hari ke tiga saya mengikuti Webinar belajar menulis gelombang sepuluh yang diselenggarakan oleh PGRI. Setiap hari PGRI bersama om Jay menghadirkan para pemateri hebat yang sangat disayangkan jika saya melewati materi-materi yang akan disampaikan. Pemateri kali ini akan berbagi pengalaman tentang menulis buku motivasi dan kepemimpinan. Pemateri berlatarbelakang sebagai trainer sekaligus motivator nasional.

Dalam mengawali meterinya beliau bercerita tentang pengalaman pertamanya menulis, dengan latar belakang sebagai seorang profesional dan wirausahawan tentunya menjadi penulis bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu waktu bagi beliau untuk dapat memulai tulisan pertamanya. Beliau mengawali karir sebagai seorang marketing, pekerjaan tersebut ditekuninya selama 8 tahun, yang kemudian beliau menjadi sebagai seorang pengusaha di bidang UMKM selama 8 tahun dan pada akhirnya dengan niat dan keinginan untuk bisa berbagi ilmu kepada sesama, beliau melanjutkan pengalamannya dengan menjadi seorang trainer dan consultan untuk para pelajar, disinilah beliau mulai menulis buku pertama beliau dengan judul “Menyiapkan Anak Menjadi Juara”.


Dalam pemaparannya beliau mengatakan salah satu manfaat dari menulis adalah sebagai personal branding untuk diri kita. Menurutnya dengan menulis dan menerbitkan buku akan menjadikan kita lebih dikenal oleh orang lain, tentunya dengan tulisan dan buku yang telah kita terbitkan. Beliau melanjutkan motivasinya dengan mengatakan satu-satunya penerbit dengan status penerbit nasional hanyalah Gramedia. Jika kita mampu membuat buku yang kemudian buku tersebut diterbitkan oleh Gramedia, maka kita punya kesempatan untuk bisa dikenal oleh orang banyak. Saya yakin dan percaya bahwa yang beliau sampaikan adalah semata-mata untuk memberikan motivasi kepada kita semua agar kita mampu menulis buku yang berkualitas dan mampu menembus penerbit Gramedia.
Dalam penyampaiannya, setidaknya ada tiga hal yang perlu diketahui jika tulisan kita ingin diterbitkan oleh penerbit nasional seperti gramedia, diantaranya adalah;

1.    Gramedia adalah sebuah coorporasi bisnis, orientasi mereka adalah menjual. Kalau buku tidak bisa dijual, maka dianggap tidak bisa memberikan keuntungan untuk gramedia. Maka yang dicari oleh Gramedia adalah buku yang dicari dan disukai oleh pasar, 
2.    Melakukan riset tentang buku apa yang saat ini sedang banyak diterima oleh masyarakat dan menentukan genre/ passion sendiri,
3.    Ada beberapa jenis buku yang paling disukai masyarakat dan menempati urutan tertinggi, yaitu novel, traveling, komik dan motivasi.

Untuk itu menentukan visi/ dream dan alas an kenapa mau jadi menulis sangat penting, jika sudah menentukan visi, hadapi tantangannya dengan gagah berani. Sebagai kesimpulan dari dialog bersama bapak Amir Faisal, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan jika kita ingin menjadi seorang penulis hebat yang mampu menembus penerbit nasional, diantaranya ialah :

1.      Meningkatkan kemampuan menulis dengan banyak membaca buku, membaca buku dapat menambah kosakata dan wawasan kita dan ini akan memudahkan kita untuk menulis.
2.      Meningkatkan kreativitas diri, tentunya ini berkaitan erat dengan proses tulisan yang kita tulis, mulai dari kalimat pembuka, rangkaian kata demi kata, hingga tampilan isi secara menyeluruh.
3.      Setelah tulisan selesai maka mintalah pendapat dari orang lain, masukan dari orang lain akan membantu tulisan kita menjadi menarik untuk dibaca oleh orang lain.
4.      Setelah proses jejak pendapat dengan orang lain serta editing tulisan selesai, maka kirimkan naskah tulisan kepada penerbit dan kita harus siap dengan hasil yang akan kita terima. Jika naskah tulisan kita ditolak oleh penerbit, maka naskah tersebut bisa disimpan sebagai koleksi pribadi tulisan kita dan jangan pernah berkecil hati.

Demikian sedikit ulasan materi yang dapat saya resume pada kesempatan yang baik ini, semoga dapat dipahami dan bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr Wb


Materi ini disampaikan pada hari Kamis, 30 April 2020

Peresume : Zaky Anshari

1 komentar:

Menerbitkan Buku Ajar Bersama Penerbit Andi

RESUME KEGIATAN BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10 oleh : Joko Irawan Mumpuni Assalamu’alaikum Wr Wb Alhamdulillah hari ini kita...