Senin, 27 April 2020

Hidup Harus Bermakna

Memotivasi diri dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat

Oleh : Zaky Anshari (Guru SMA Muhammadiyah 25)


"Arti hidup adalah memberi makna hidup." - Ken Hudgins

Assalamu'alaikum Wr Wb
Alhamdulillah, puji serta syukur atas segala bentuk nikmat dan karunia yang Allah berikan didalam kehidupan ini. Atas izin-Nya kita mampu merangkai tahap demi tahap puzzle kehidupan ini, mulai dari merencanakannya, mengikhtiarkannya, dan berdoa agar ia memberikan keputusan terbaik untuk semua hal baik yang telah kita ikhtiarkan. Semoga apapun keputusan yang Allah berikan kepada kita tidak mengurangi semangat kita dalam memperjuangkan segala bentuk kebaikan di dunia ini. 

Hari ini adalah hari ke lima kita berpuasa dibulan suci Ramadhan, tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat, sepertinya baru kemarin rasanya kita menajalani puasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan merayakan hari kemenangan, bersilaturrahim ke sanak saudara di hari Raya Idul Fitri. Sepertinya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika hari demi hari hanya kita lalui dengan bersantai dan bermalas-malasan, menunda pekerjaan, kemudian sambil berkhayal bahwa suatu hari ini kita akan sukses, kaya raya dan hidup serba berkecukupan. Rasanya seperti sesuatu yang tidak mungkin terjadi, hehe... 

Begitu cepat waktu berlalu, begitu pula perkembangan zaman yang seakan tidak mau ketinggalan dengan irama pergantian waktu, dunia pun demikian, seakan enggan untuk berhenti dalam melakukan inovasi. Melihat realita yang ada, saya yakin dan percaya bahwa dunia ini memang tidak diciptakan untuk para pemalas. 

Saya mengajak sahabat semua untuk bangun dan ciptakan semangat didalam diri melalui tulisan ini sehingga semangat itu mampu memberikan perubahan didalam kehidupan kita ke arah yang lebih baik. Kehidupan ini akan terus berjalan, perubahan akan selalu ada dan hadir di tengah-tengah kita kapan pun itu sekalipun kita belum siap menerima perubahan tersebut, generasi penerus akan saling berlomba untuk menjadi pemenang dengan keunggulan keilmuan dan skill individu nya. 

Maka tidak ada kata toleransi bagi diri ini untuk tidak menorehkan karya nyata didalam kehidupan. Sahabat semua, kita harus menjadi bagian dari sebuah perubahan, kita tidak ditugaskan untuk diam dan menunggu, karena metode dakwah yang dilakukan oleh rosul bukan dengan berdiam diri, namun dengan melakukan pergerakan dan strategi yang matang sehingga membawa perubahan besar untuk dunia ini. Zaman telah berubah, semoga kita mampu beradaptasi dengan baik sehingga menjadi bagian dari generasi yang dapat memberikan jawaban dari setiap tantangan masa depan.


Tulisan ini saya khusus kan untuk istri dan anakku tercinta, semoga sehat dan bahagia selalu.
InsyaAllah akan banyak lagi tulisan lainnya yang segera menyusul, doakan...

Salam bahagia semuanya,
mari kita berlomba-lomba didalam kebaikan

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Nb : sekedar info, tahun 2012 saya pernah bikin blog tapi nggak diseriuskan, ini karena pandemi, saya coba nulis lagi.. hehe..    

2 komentar:

Menerbitkan Buku Ajar Bersama Penerbit Andi

RESUME KEGIATAN BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10 oleh : Joko Irawan Mumpuni Assalamu’alaikum Wr Wb Alhamdulillah hari ini kita...